Miracle fruit alias miracle berry/Pixabay
Miracle fruit alias miracle berry/Pixabay
KOMENTAR

BUAH ajaib ini adalah buah beri berwarna merah cerah dan berukuran sebesar biji kopi yang dikenal dengan sebutan miracle fruit atau miracle berry. Buah ini memiliki kemampuan yang unik, yakni dapat mengubah rasa asam menjadi manis.

Ketika mengonsumsi buah ini dan mencicipi makanan yang sangat asam, seperti lemon, maka rasa asam pada lemon tidak akan terasa lagi berkat kemampuan unik buah miracle ini.

Hal itulah yang membuat buah ini disebut dengan buah ajaib. Buah yang memiliki nama latin Synsepalum dulcificum itu berasal dari Afrika Barat dan Afrika Tengah, tetapi kini sudah semakin populer di banyak negara karena manfaatnya untuk kesehatan.

Buah yang terkenal berkat kemampuannya mengubah rasa makanan yang asam menjadi manis merupakan semak cemara dari keluarga Sapotaceae.

Tanaman miracle fruit tumbuh di alam liar sebagai semak atau pohon kecil dengan tinggi yang tidak lebih dari 5,5 meter. Daun dari miracle fruit sendiri berbentuk lonjong dengan pinggiran yang halus dan tumbuh dalam kelompok di ujung cabang.

Nantinya, bunga putih pada tumbuhan tersebut akan menghasilkan buah merah sekitar 2-3 cm panjangnya. Biasanya, tanaman ini mulai berbuah setelah 3-4 tahun dan membutuhkan tanah asam.

Buah ajaib ini mengandung bahan kimia sehingga mempengaruhi reseptor rasa di lidah yaitu glikoprotein miraculin. Nantinya, bahan kimia tersebut akan membuat lidah merasakan rasa asam menjadi rasa manis. Efek dari buah ajaib ini biasanya akan berlangsung selama setengah jam hingga dua jam dengan intensitas yang menurun seiring waktu.

Bukan hanya memiliki kandungan ajaib yang bisa mengubah rasa makanan dari asam menjadi manis, akan tetapi miracle fruit ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Farah.id, terdapat beberapa manfaat untuk kesehatan dari miracle fruit.

Membantu menurunkan berat badan

Buah ajaib ini hanya mengandung satu kalori dan 0 persen lemak. Komposisi ini sangat dianjurkan untuk diet, terutama diet kalori. Jumlah kandungan kalori pada buah ini juga relatif lebih sedikit dibandingkan dengan buah lainnya.

Baik untuk penderita diabetes

Miracle fruit memiliki rasa manis yang alami dengan sedikit rasa pahit. Penderita diabetes dapat mengonsumsi buah ini karena kandung gula pada buah ini tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setinggi gula lainnya.

Alternatif pengobatan kanker

Penderita kanker yang telah menjalani proses radiasi akan merasakan efek samping berupa lidah yang sulit merasakan kenikmatan makanan. Buah ajaib ini dapat mengurangi efek samping tersebut sehingga bisa membantu pulih lebih cepat.

Campuran obat pahit

Beberapa orang mengalami kesulitas dalam minum obat berbentuk pil atau tablet karena rasanya yang sangat pahit. Miracle fruit dapat membantu menetralkan rasa obat tanpa memengaruhi komposisi obat.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health